Ubi Jalar, Sumber Karbohidrat Selain Nasi

Banyak cara bisa dilakukan oleh anda yang ingin menerapkan diet pada hidup anda. Banyak alasan bagi seseorang ketika memutuskan untuk menjalankan program diet. Dan alasan kesehatan merupakan salah satu alasan yang paling banyak digunakan. Saat melakukan diet, seseorang cenderung mengurangi asupan karbohidrat dan zat gula, karena kedua zat tersebut ditengarai sebagai pemicu utama kegemukan atau obesitas.

Oleh karena itu, para pelaku diet mencoba mencari cara untuk mengganti sumber karbohidrat dan zat pemanis. Salah satu bahan untuk mengganti nasi adalah ubi jalar. Walaupun ubi jalar memilki rasa yang manis, namun kandungan karbohidratnya tetap aman bagi tubuh. Apa saja manfaat ubi rambat bagi program diet anda? Mari kita simak beberapa penjelasannya di bawah ini :

1. Mengkonsumsi ubi jalar akan membuat anda kenyang dan memberikan tenaga yang dibutuhkan untuk beraktifitas sehari-hari. Namun meski demikian, kandungan karbohidrat yang ada pada ubi jalar tergolong rendah, bahkan lebih rendah dari kandungan karbohidrat pada kentang. Diketahui, kentang mengandung 26 gram karbohidrat, sedangkan ubi jalar hanya mengandung 23 gram karbohidrat.

2. Kaya akan serat. Ubi jalar memiliki serat yang tinggi yang dibutuhkan bagi organ pencernaan anda. Jika organ pencernaan lancar, maka zat-zat yang penting bagi tubuh akan dapat diserap dengan optimal. Selain itu, serat dalam ubi jalar mampu membakar makanan menjadi energi sedikit demi sedikit, sehingga Anda tidak merasa mudah lapar.

3. Ubi jalar juga memiliki kandungan kalium lebih banyak ketimbang buah lainnya. Jika selama ini pisang dikenal sebagai buah yang memilki kandungan kalium paling tinggi, nyatanya ubi rambat memiliki kalium lebih tinggi. Seperti diketahui, kalium merupakan mineral yang berfungsi untuk keseimbangan air dalam tubuh, memaksimalkan fungsi elektrolit, dan menjaga kerja dan kesehatan sistem saraf.

4. Vitamin B6 yang terkandung dalam ubi jalar juga lumayan tinggi. Seperti diketahui, Vitamin B6 memiliki fiungsi penting dalam tubuh untuk melancarkan peredaran darah dan mengurai zat-zat penting.

5. Ubi jalar kaya akan vitamin A. Kandungan beta-karoten atau vitamin A akan memberikan banyak dampak positif bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas. Selain berguna sebagai antioksidan, vitamin A sangat berguna dalam pencegahan beberapa jenis kanker karena merupakan salah satu antioksidan yang paling kuat. Beta-karoten juga membantu untuk internal melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.

Artikel lain yang sering dibaca pengunjung:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Kategori