Tidak Semua Jenis Makanan Kaleng Aman Dikonsumsi

Makanan kaleng yang sudah banyak beredar dalam pasaran sekarang ini memiliki banyak sisi negatif dan positifnya. Meskipun dianggap praktis dan cukup lezat, tidak sedikit orang yang justru menghindarinya dengan alasan kesehatan. Namun, tidak semua jenis makanan yang dikalengkan memiliki efek buruk bagi kesehatan lho.

Contohnya saja pada buah yang dikalengkan, buah yang dikonsumsi segar memang memiliki nutrisi yang lebih sempurna dibanding dengan buah yang dikemas dalam kaleng. Namun, sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi, meskipun dikalengkan. Apa saja? Berikut adalah di antaranya.

1. Kacang-kacangan. Apakah Anda tahu bahwa setengah cangkir kacang setiap hari dapat meningkatkan kadar serat, protein dan zat besi dari makanan yang Anda konsumsi? Untuk itu, mengonsumsi jenis kacang kalengan bisa menjadi alternatif yang mudah. Meski dikemas, kacang-kacangan akan mampu bertahan tanpa mengurangi manfaatnya bagi tubuh.

2. Salmon. Ikan yang satu ini memang masih menjadi primadona. Selain mahal, salmon diklaim memiliki kebaikan seperti kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi jika dibandingkan jenis ikan lainnya. Meski demikian, salmon kalengan masih dianggap sehat, pasalnya, salmon kalengan yang dikemas di kaleng dengan campuran air, masih menjaga ketersediaan asam lemak omega 3, kalsium, dan vitamin D, yang tetap berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang. Untuk resep salmon kalengan, Anda bisa menyajikannya sebagai campuran salad. Caranya, siapkan yoghurt Yunani sebagai campuran salad sayur Anda. Tambahkan sedikit mayonaise dan juga perasan jeruk lemon.

3. Tomat. Senyawa lycopene yang terdapat dalam tomat akan lebih maksimal jika sudah dilakuakan proses pengolahan. Saus tomat kalengan sebagai bumbu pasta merupakan salah satunya. Kandungan lycopene dipercaya mampu melawan serangan kanker karena kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidannya. Untuk resep, Anda bisa menggunakan saus tomat kalengan sebagai bahan dasar sup. Tambahkan beberapa sayurans egar seperti brokoli dan kacang polong.

Artikel lain yang sering dibaca pengunjung:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Kategori