Minuman Soda Berikan Ancaman Bagi Pembuluh Darah

Menenggak minuman bersoda kini seolah sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Apalagi ditengah cuaca panas nan erah, meminum minuman bersoda akan memberi kesegaran bagi tubuh. Namun tahukah anda? Sering meminum minuman bersoda akan memberikan damak buruk bagi kesehatan anda, terlebih lagi pada perempuan. Demikian seperti yang disebutkan dalam hasil penelitian di Jepang.

Jelas sekali dalam studi tersebut diungkapkan bahwa sering mengkonsumsi minuman bersoda akan memiliki resiko yang lebih besar dalam mengembangkan pembuluh darah yang menyebabkan stroke.
Namun dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Osaka, Jepang, tersebut menemukan bahwa minuman bersoda meningkatkan risiko pembekuan darah pada lebih dari 80 persen perempuan. Namun, efek tersebut lebih rendah pada pria. Sehingga bisa disimpulkan bahwa wanita lebih rentan terkena stroke jika gemar mengkonsumsi minumam bersoda.

Untuk menemukan hubungan risiko minuman bersoda dengan kaitannya risiko stroke, dalam penelitian tersebut , tim peneliti dari Universitas Osaka melacak kebiasaan diet, termasuk asupan soda pada hampir 40 ribu lelaki dan perempuan berusia 40-59 tahun, selama 18 tahun terakhir. Dan hal tersebut tidaklah sia-sia karena kini peneliti telah mampu mengambil kesimpulan yang bermanfaat bagi dunia kesehatan.

Hasilnya cukup mencengankan, karena dari studi yang dilakukan, hampir 2.000 relawan tersebut mengalami stroke. Berawal dari sana, peneliti membandingkan pola hidup (dalam hal ini konsumsi minuman bersoda) dengan mereka yang tidak mengalami penyumbatan pembuluh darah.

Dilihat dari hasilnya, perempuan yang mengonsumsi minuman bersoda setiap hari, memiliki risiko 83 persen stroke iskemik, gumpalan darah yang menghambat aliran darah dari jantung ke otak.

Artikel lain yang sering dibaca pengunjung:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Kategori