Kurang Sinar Matahari Bikin Resiko Obesitas

Sinar matahari memang memiliki banyak manfaat yang diperlukan tubuh meski banyak orang yang berpendapat bahwa sinar matahari mampu memicu tumbuhnya kanker kulit. Namun jika seseorang kekurangan vitamin D yang terkandung dari sinar matahari, dapat meningkatkan resiko obesitas atau kegemukan pada tubuhnya.

Sebuah penelitian di Oregon mengungkapkan bahwa perempuan yang berusia sedkitnya 65 tahun ternyata tak memiliki cukup vitamin D dalam darah mereka sehingga memicu kenaikan berat badan yang drastis.

Dengan meneliti sedikitnya 4.600 perempuan berusia rata-rata 65-70 tahun, peneliti menemukan bahwa wanita yang lebih sedikit terkena sinar matahari ternyata akan mengalami resiko kenaikan berat badan yang lebih banyak hingga dua kilo dibanding mereka yang lebih banyak terkena paparan sinar matahari.

Terbukti dari hasil pengamatan dengan para perempuan yang menerima asupan sinar matahari yang cukup mengaku bahwa mereka mengalami penurunan berat badan hingga lima persen dari bobot tubuh sebelumnya. Perempuan yang mendapat sinar matahari yang cukup dan rutin ternyata hanya sebanayk 27 persen saja. Dari keseluruhan responden.

“Ini adalah salah satu dari studi pertama yang menunjukkan bahwa wanita dengan tingkat vitamin D rendah menambah berat badan lebih, dan meskipun hanya dua kilo, namun dari waktu ke waktu akan terus bertambah,” ujar penulis studi, Dr Erin LeBlanc, dari Kaiser Permanente Center for Health Research di Oregon

“Hampir 80 persen perempuan dalam penelitian kami memiliki kecukupan vitamin D. Sumber utama vitamin ini penting adalah sinar matahari, namun jika masyarakat modern selalu bergerak dalam ruangan secara terus menerus, maka kekurangan vitamin D dapat berkontribusi untuk berat badan kronis,” lanjutnya.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Women’s Health pada 25 Juni 2012 ini memaparkan bahwa tidak ada hubungan sebab akibat dari kurangnya vitamin D dan masalah kegemukan. Bagi para peneliti, diperlukan penelitian lanjutan mengenai apakah suplemen vitamin D juga berpengaruh terhadap kontribusinya dalam memangkas lemak.

Artikel lain yang sering dibaca pengunjung:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Kategori