Kebutaan Dan Kaitannya Dengan Kopi

Manfaat secangkir hingga tiga cangkir kopi per hari sudah dikenal berkhasiat untuk mengurangi risiko terkena kanker usus atau menangkal nyeri pada mata. Akan tetapi, jika dikonsumsi berlebihan, secara mudah kopi bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah kebutaan. Sebuah akibat yang sangat fatal sekali.

Hal tersebut ternyata sudah diteliti dan diuji dengan ketat sehingga kesimpulan tersebut bukan tanpa alasan. Dari penelitian yang melibatkan 79.000 pria dan lebih dari 41.000 pria di atas usia 40 tahun di Brigham and Women’s Hospital di Boston ini menemukan fakta bahwa mengonsumsi kopi lebih dari tiga cangkir dalam sehari akan meningkatkan risiko kebutaan pada mata karena efek dari kandungan kafein yang terlalu tinggi.

Dalam studi, mereka semua menjawab kuesioner tentang seberapa banyak kopi yang diminum. Peneliti kemudian memeriksa laporan kesehatan mereka, khususnya bagian exfoliation glaucoma yang menjadi pemicu kerusakan saraf optik dan berujung pada kebutaan.

Salah seorang peneliti, Dr Jae Hee Kang dalam jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science. Mengatakan, Sebab ini adalah penelitian pertama yang membahas hubungan antara kopi berkafein dan exfoliation glaucoma pada masyarakat Amerika Serikat. Jadi sebaiknya penelitian yang melibatkan orang-orang dari berbagai negara lain juga dilakukan untuk memastikan hasil penelitian. Menurut Food Standards Agency, saran harian untuk menikmati kafein sebenarnya adalah 200 miligram. Takaran tersebut biasanya setara dengan dua sampai tiga cangkir kopi.

Artikel lain yang sering dibaca pengunjung:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Kategori